Posted by : Unknown Rabu, 29 Oktober 2014

Kepercayaan masyarakat Indonesia kepada pemerintah semakin hari semakin berkurang. Kabar-kabar dari berbagai media yang menyoroti pergerakan pemerintah dicerminkan betapa banyak kekurangan-kekurangan yang terjadi saat ini. Semuanya serba kurang, bahkan sepertinya beberapa orang yang menjabat di kementerian negara tidak layak untuk mengawal kemajuan bagi negaranya sendiri.
Entah, apa karena dampak dari sudah banyaknya pejabat yang melakukan, dan atau terlibat dalam masalah korupsi, atau dimungkinkan karena faktor yang lain. Terlepas dari semua itu, mengamati sorotan media untuk publik kepada pemerintah saat ini telah menimbulkan pemikiran yang mengarahkan ketidakpercayaan masyarakat kepada para pemimpin di bangsa ini.
Salah satu berita yang pernah disiarkan di salah satu media televisi mengatakan bahwa para menteri susah diajak untuk tertib oleh pembawa acara saat akan dilantik. Para menteri tidak langsung menempati posisi yang ditentukan setelah diminta berkali-kali oleh si pembawa acara. Baru setelah Presiden Jokowi datang mereka bersedia untuk tertib dan melangsungkan acara pelantikan. Padahal, bisa jadi acara pelantikan itu memang menunggu kedatangan Presiden lebih dahulu kemudian baru bisa dimulai. Hanya saja, pandangan masyarakat akan berbeda dalam menanggapi kejadian itu. Mereka akan cenderung mengatakan bahwa para menteri tidak disiplin dan sulit untuk menertibkan diri.
Selain itu, pernah juga dimunculkan berita yang sedikit memojokkan Jokowi, terkait dengan terpilihnya Rini Soemarno menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara. Terpilihnya Rini Soemarno, menteri kabinet kerja terkaya dengan harta Rp.40,07 Miliar, mengindikasikan dirinya termasuk pejabat yang juga tidak bersih, bertolakbelakang dengan pernyataan jokowi yang mengklaim bahwa para menterinya bersih dari korupsi. Apalagi, Perempuan yang pernah menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan di era kepemimpinan Megawati Soekarno Puteri, dalam salah satu surat kabar disebut-sebut bermasalah menurut KPK. Semua kabar miring tentang wanita yang pernah menjabat sebagai Presiden Direktur Astra Internasional ini ditampakkan kembali, termasuk pernyataan bahwa dirinya pernah diperiksa oleh Panitia Kerja (Panja) Komisi I DPR terkait proses imbal dagang pesawat jet tempur sukhoi, helikopter dan peralatan militer Rusia. Dia dianggap melanggar UU Pertahanan dan UU APBN, dan bermasalah dalam beberapa kabar miring yang sudah ditampilkan ke publik.
Lagi-lagi sebuah pemberitaan yang tidak beda dengan pemberitaan dari kejadian pelantikan diatas. Dengan pemberitaan Rini Soemarno ini, masyarakat seolah dibumbui dengan persepsi negatif khususnya kepada Rini Soemarno. Hanya berdasar dugaan dan penilaian saja seolah dia sudah tidak masuk dalam citra pejabat yang bisa dipercaya. Padahal, dia akan mengemban amanat baru di kabinet kerja Jokowi selama lima tahun kedepan.
Seharusnya, dengan dipilihnya seorang pemimpin yang baru, sebagai masyarakat yang baik tentunya akan selalu berusaha mendukung setiap langkah kebijakan pemimpinnya. Setiap orang pasti mempunyai masa lalu, termasuk masa lalu yang kurang baik. Namun, masa lalu bukanlah sebuah kekurangan secara mutlak. Dalam arti sebuah kekurangan masih bisa dibenahi di masa yang akan datang, karena semua bisa berubah dan seseorang yang berpikir maju tidak akan mengulangi kesalahan yang kedua kalinya.
Pak Jokowi dan semua menterinya sudah sah menjadi pejabat di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sudah saatnya masyarakat mendukung seluruh arah kebijakan dan pergerakan pembangunan yang akan digagas dan dijalankan. Karena, jika kepercayaan masyarakat kepada pemerintah sudah tidak ada lagi, pemerintah sekuat dan sebaik apapun tidak akan mampu membawa Negaranya dengan sebaik-baiknya. Belum lagi jika harus menghadapi para mantan pejabat yang pernah berseteru saat menjadi anggota di instansi pemerintah dan media yang kadang kurang santun dalam mengabarkan berita.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Albirroers -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -